Skip to content
JUDUL : KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PENGGEMAR K-POP DEWASA AWAL
Penulis : Erika Faridatul Munawaroch1, Windah Riskasari2, Nurul Sih Widanti3
Abstrak
Perilaku konsumtif merupakan kecenderungan dorongan perilaku di luar kebutuhan atau pembelian tanpa pertimbangan rasional yang didasarkan pada faktor keinginan saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada penggemar k-pop dewasa awal di komunitas Kloss Jjang Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 127 responden anggota komunitas Kloss Jjang Surabaya yang berusia 20-30 tahun. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Skala kontrol diri disusun berdasarkan aspek menurut Averill (1973) yaitu kontrol perilaku, kontrol kognitif, dan kontrol keputusan. Skala perilaku konsumtif disusun berdasarkan aspek menurut Engel (1994) yaitu pembelian impulsif, pembelian tidak rasional, dan pemborosan. Hipotesis dalam penelitian ini diterima dengan taraf signifikansi 0.001 (p < 0.05) dan nilai koefisien korelasi sebesar -0.295 yang berarti memiliki kekuatan yang lemah. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kontrol diri dengan perilaku konsumtif pada penggemar k-pop usia dewasa awal di komunitas Kloss Jjang Surabaya dengan arah hubungan negatif.
Kata Kunci: Kontrol Diri, Perilaku Konsumtif, Penggemar K-pop
Abstract
Consumptive behavior is a tendency to encourage behavior beyond needs or purchases without rational consideration based on the factor of desire alone. This study aims to determine the relationship between self-control and consumptive behavior in early adult k-pop fans in the Kloss Jjang community in Surabaya. This research uses a quantitative approach with survey research methods. The number of subjects in this study was 127 respondents who were members of the Kloss Jjang Surabaya community aged 20-30 years. Sampling in this study used purposive sampling techniques. The scale of self-control is arranged based on aspects according to Averill (1973) namely behavioral control, cognitive control, and decision control. The scale of consumptive behavior is compiled based on aspects according to Engel (1994) namely impulsive buying, irrational purchases, and waste.The hypothesis in this study was accepted with a significance level of 0.001 (p < 0.05) and a correlation coefficient value of -0.295 which means it has a weak strength. These results show that there is a relationship between self-control and consumptive behavior in early adult k-pop fans in the Kloss Jjang community in Surabaya with the direction of negative relationships.
Keywords: Self-Control, Consumptive Behavior, K-pop Fans