JUDUL : HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR (E-LEARNING) MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS HANG TUAH DI TENGAH PANDEMIK COVID-19
Penulis : Rizky Adela Fatmawati, Nurul Sih Widanti
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar (e-learning) mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah di tengah pandemik Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 55 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah. Menggunakan teknik random sampling, dengan alat ukur dukungan sosial (27 valid) dan motivasi belajar (14 valid) dalam bentuk skala likert. Koefisien reliabilitas (a) 0,930 untuk variabel dukungan sosial dan 0,833 untuk motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,412 dengan sig 0,000 (p<0,05), berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa terdapat hubungan dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial orang tua selama perkuliahan daring (e-learning), maka semakin tinggi pula motivasi belajar anak. Begitu pula sebaliknya semakin rendah dukungan sosial orang tua, maka semakin rendah pula motivasi belajar anak. Kata Kunci:dukungan sosial orang tua, e-learning, motivasi belajar
Abstract. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar (e-learning) mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah di tengah pandemik Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 55 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah. Menggunakan teknik random sampling, dengan alat ukur dukungan sosial (27 valid) dan motivasi belajar (14 valid) dalam bentuk skala likert. Koefisien reliabilitas (a) 0,930 untuk variabel dukungan sosial dan 0,833 untuk motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,412 dengan sig 0,000 (p<0,05), berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa terdapat hubungan dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar. Sehingga dapat This study aims to determine the relationship of parents’ social support with students’ (e-learning) motivation, at the Faculty of Psychology, Hang Tuah University in the middle of the covid-19 pandemic. This study uses a quantitative approach. The research sample comprised 55 students of the Faculty of Psychology, Hang Tuah University. It was using a random sampling technique, with a measuring instrument for social support (27 valid) and learning motivation (14 valid) in the form of a Likert scale. The reliability coefficient (a) is 0.930 for the social support variable and 0.833 for learning motivation. The results showed a correlation coefficient of 0.412 with sig 0.000 (p <0.05). Based on these results, there was a relationship between parental social support and learning motivation. It can be concluded that the higher the social support of parents during online lectures (e-learning), the higher the children’s learning motivation. And the other way around, the lower the parental social support, the lower the child’s learning motivation. Kata Kunci:e-learning, learning motivation, parental social support